Written by widya sawitar

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

FENOMENA HARI TANPA BAYANGAN DI JAKARTA

Kamis, 4 Maret 2021

Oleh

Widya Sawitar

Hari Jakarta tanpa bayangan adalah hari di mana saat tengah hari di Jakarta, seluruh bayangan benda tegak akan hilang karena berimpit dengan titik tumpuan bendanya. Fenomena ini terjadi karena posisi Matahari saat itu tepat berada di Titik Zenith kota Jakarta. Seluruh bayangan benda tegak akan mengarah ke pusat Bumi atau ke Titik Nadir Jakarta.

 

Mengapa Hari Tanpa Bayangan Dapat Terjadi di Titik Zenith Kota Jakarta?

Hari tanpa bayangan hanya dapat terjadi di daerah tropik antara lintang 23½° LU (sebut sebagai garis Balik Utara) sampai dengan 23½° LS (sebut sebagai Garis Balik Selatan), karena daerah peredaran lingkaran gerak semu harian Matahari bolak-balik antara kedua garis balik ini dengan periode setahun penuh (Lihat Gambar 1).

Oleh karena kota Jakarta berada  di daerah tropik, maka akan mengalami  2 kali hari tanpa bayangan dalam setahun. Pertama, saat Matahari melintasi Titik Zenith kota Jakarta menuju Khatulistiwa, yaitu pada tanggal 4 Maret tahun 2021 dan yang kedua tanggal 9 Oktober 2021 saat Matahari meninggalkan Khatulistiwa menuju Garis Balik Selatan. Tanggal berlangsungnya fenomena ini dari tahun ke tahun relatif tetap. Seandainya ada pergeseran, hanya dalam kisaran 1 hari saja (Lihat Tabel 1).

Secara astronomis, fenomena ini terjadi saat deklinasi Matahari nilainya sama atau berdekatan dengan lintang pengamat Jakarta. Lintang Jakarta berada di kisaran 6° 11’ S. Matahari tepat di Titik Zenith Jakarta pada tanggal 4 Maret 2021 pukul 12:04:22 WIB dan pada tanggal 9 Oktober 2021 pukul 11:39:56 WIB.

 

Tabel 1
Perkiraan Hari Tanpa Bayangan hingga Tahun 2025 di Jakarta

Gambar 1
Ilustrasi daerah jejak lintasan semu Matahari dalam setahun.

Dokumentasi Kegiatan Hari Tanpa Bayangan di Jakarta Tahun 2020

 

Gambar 1 Alat pengukuran True North (kiri) dan Hasil pengamatan kelompok 2 (kanan)

Gambar 2 Sesi workshop Penentuan Utara Benar dan Teleskop Lubang Jarum pada Kegiatan Jakarta Tanpa Bayangan 4 Maret 2020 di pelataran Observatorium Teleskop Takahashi & ASCO

Gambar 3 Untuk pengambilan data lainnya adalah dengan menggunakan peraga gnomon atau tongkat istiwa di pelataran cawan Monumen Nasional.