01.

Jadwal Pertunjukan Teater Bintang

Informasi mengenai Jadwal Pertunjukan Teater Bintang (Planetarium) untuk rombongan dan perorangan.

Selengkapnya

02.

Peneropongan Langit Malam

Melihat lebih dekat benda-benda langit malam seperti Bulan dan beberapa Planet menggunakan teleskop.

Selengkapnya

03.

Peneropongan Matahari

Sudah pernah lihat bintik Matahari? Kalau belum, yuk kita neropong Matahari bersama-sama. Silahkan cek jadwal dan waktunya ya.

Selengkapnya

04.

Artikel Astronomi

Perluas wawasan mengenai ilmu Astronomi melalui berbagai kumpulan artikel yang dapat dibaca di sini.

Selengkapnya
Written by Super User
Category:

Planetarium & Observatorium UP PKJ Taman Ismail Marzuki kembali memberi kesempatan kepada masyarakat untuk dapat mengamati benda-benda langit menggunakan teleskop di dalam kubah Observatorium. Selain mengamati benda langit menggunakan teleskop, pengunjung dapat meminta penjelasan mengenai objek yang teramati,  teleskop, observatorium, dan hal-hal lain tentang Astronomi kepada narasumber.

Kegiatan Peneropongan Benda Langit ini terbuka untuk umum dan tanpa dipungut biaya (GRATIS). Pengunjung cukup datang dan registrasi langsung di lokasi.

Berikut jadwal kegiatan Peneropongan di bulan Agustus.

Written by Super User
Category:

 

Kegiatan Penelitian dan Pengamatan Bulan

dalam Penentuan Awal Bulan Dzulhijjah 1440H (2019 M)

 

Tim Observasi Planetarium dan Observatorium

Unit Pengelola Pusat Kesenian Jakarta Taman Ismail Marzuki

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta

 

Kompilasi : Widya Sawitar

 

 

         Sebagai lembaga satu-satunya di Jakarta yang secara konsisten berupaya mempopulerkan Astronomi serta menjembatani antara dunia sains Astronomi dengan masyarakat umum, Planetarium dan Observatorium Jakarta, khususnya dengan adanya observatorium sebagai sarana laboratorium dalam aspek Observational Science, telah memberi kontribusi nyata dalam kegiatan Hisab Rukyat sejak tahun 1974 dan berkesinambungan hingga kini. Juga kolaborasi yang dibangun bersama dengan ragam instansi seperti Kementerian Agama, Observatorium Bosscha ITB, LAPAN, BMKG, dll. Dalam kasus ini termasuk dalam masalah penentuan kalender berbasis Bulan.

Written by Super User
Category:
GERHANA BULAN SEBAGIAN
RABU DINI HARI, 17 JULI 2019
PLANETARIUM DAN OBSERVATORIUM
UNIT PENGELOLA PUSAT KESENIAN JAKARTA TAMAN ISMAIL MARZUKI
DINAS PARIWISATA DAN KEBUDAYAAN
PROVINSI DKI JAKARTA

 

Berdasarkan perhitungan astronomi bahwa pada hari Rabu, 17 Juli 2019, dinihari, di wilayah Indonesia akan mengalami Gerhana Bulan Sebagian (GBS). Prosesnya (Gambar 1) mulai pukul 01:43:53 WIB dan berakhir pukul 07:17:36 WIB. Fenomena ini dapat dilihat oleh masyarakat di Indonesia (Gambar 2). Namun, tahapan gerhana yang relatif dapat mudah diamati adalah mulai pukul 03:01:43 WIB hingga pukul 05:59:39 WIB. Saat inilah Bulan masuk bayang-bayang utama (umbra) Bumi. Wajah Bulan yang seharusnya fase purnama, sebagian menjadi gelap. Wajahnya di bagian tepi menjadi cekung. Apabila ingin mengamatinya, bersiaplah sejak hari Selasa, 16 Juli 2019, malam hari. Deskripsi di sini berpedoman pada lokasi kota Jakarta.